ASIK MAS MENGANTARKAN DINAS KESEHATAN DAN KB KABUPATEN SAMPANG RAIH JUARA 1 SABERNOVA AWARD 2021

 

ASIK MAS atau Aplikasi Sistem Informasi Kesehatan Puskesmas Sampang yang biasa dikenal dengan SIMPUS telah mengantarkan Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kabupaten Sampang meraih Juara 1 (Satu) dalam SABERNOVA AWARD 2021. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Sampang H. Slamet Junaidi pada Jumat, 4 Juni 2022 malam di Pendopo Kabupaten Sampang kepada Plt. Kepala Dinas Kesehatan dan KB, Agus Mulyadi, S.KM., M.Kes.

ASIK MAS merupakan inovasi yang telah lama dibangun oleh Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kabupaten Sampang sejak lama. Selama kurun waktu tersebut banyak perbaikan dan pengembangan ASIK MAS atau yang biasa dikenal SIMPUS ini. ASIK MAS dikembangkan untuk menjawab tuntutan perkembangan teknologi informasi era 4.0. ASIK MAS bertujuan sebagai tools alat bantu mengelola aktifitas keseharian pelayanan kesehatan di Puskesmas di Kabupaten Sampang mulai dari pendaftaran pasien, manajemen diagnosa, manajemen obat, manajemen pasien, hingga rekap pelaporan data.

Keberhasilan ini tidak lepas dari peran setiap Kepala Bidang, Kepala Seksi, serta seluruh anggota tim khususnya Kepala Puskesmas dan Tim SIMPUS masing-masing Puskesmas di Kabupaten Sampang yang terus menerapkan ASIK MAS. Masukan, koreksi, dan perbaikan fitur-fitur yang disampaikan menjadi modal pengembangan ASIK MAS.

Pada kesempatan tersebut Agus Mulyadi, S.KM., M.Kes. Plt. Kepala Dinas Kesehatan dan KB Kabupaten Sampang berpesan bahwa kunci dari inovasi adalah keberlanjutan dan perbaikan secara terus menerus atau Continuous Quality Improvement (CQI). Hal ini merupakan langkah awal, masih dibutuhkan perbaikan dan pengembangan terus menerus ke depan untuk menjawab tuntutan perkembangan teknologi serta harapan masyarakat. (MMF)