beritasemuaUncategorized

Calon Jemaah Haji (CJH) Sampang Datangi Puskesmas Banyuanyar

Dinkes Sampang – Puluhan Calon Jemaah Haji (CJH) mendatangi Pkm Banyuanyar untuk menjalani pemeriksaan kesehatan haji tahap II dan mendapatkan vaksinasi meningitis, yang dimulai hari kamis tanggal 20 februari 2012 sampai 26 februari 2020. Hal ini sudah menjadi agenda rutin tiap tahun dari Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Sampang.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sampang Agus Mulyadi, S.KM.M.,Kes didampingi Kabid P2P Dra, Hanian Maria Farouq dan Kasi Survim Evie Sidharti, S.KM.M.,Kes mengatakan “Pemeriksaan kesehatan haji tahap II untuk memastikan status Istitaah calon jemaah haji sesuai Permenkes no.15 tahun 2016 tentang Istihaah Kesehatan Jemaah Haji dan pemberian vaksinasi meningitis merupakan wajib untuk dilakukan setiap calon jemaah haji”.

CJH Kab. Sampang melaksanakan sejumlah pemeriksaan diantaranya Anamnesa, Pemeriksaan fisik, Pemeriksan urin dan darah, Riwayat penyakit, diagnosis serta penetapan status istithaah. selain melakukan pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi CJH juga mengikuti Pengukuran Kebugaran.

Hasil pemeriksaan kesehatan, vaksinasi, pembinaan dan pengukuran kebugaran dicatat dalam formulir pemeriksaan haji dan di entry langsung kepencatatan elektronik melalui SISKOHATKES. Pencatatan hasil pemeriksaan kesehatan ke dalam siskohatkes dilakukan oleh tim kesehatan haji kabupaten yang berkoordinasi dengan puskeshaji dan kemenang. Setiap kegiatan pemeriksaan dan pembinaan kesehatan haji dicatat dan diinformasikan secara berjenjang oleh tim kesehatan haji kabupaten untuk bahan evaluasi. (sumber:Bidang P2P)

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *