beritasemuaUncategorized

Ceria, Karyawan Dinkes Kab. Sampang Antusias Mengikuti Tes Kebugaran

Setiap orang pasti menginginkan tubuhnya sehat dan bugar. Untuk itu, diperlukan kegiatan olahraga yang rutin dan teratur. Salahsatu cara mengukur kebugaran jasmani adalah dengan melakukan tes kebugaran jasmani.

Tes kebugaran jasmani adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk menilai/mengukur sejauh mana kemampuan kebugaran jasmaninya dan mengetahui tingkat kebugaran jasmaninya.

Dengan lari-lari kecil maupun jalan cepat karyawan-karyawati Dinas Kesehatan Kabupaten Sampang mengikuti tes kebugaran yang diselenggarakan di halaman GOR Indoor Kabupaten Sampang pada hari Jumat 25 Oktober 2019.

Acara yang digelar oleh Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga ini rutin dilaksanakan 3 bulan sekali. Menurut Kepala Seksi Kesling dan Kesjaor Esti Utami, S.KM, acara seperti ini merupakan program bagi karyawan digunakan untuk mengetahui tingkat kebugaran dan akan diulang tiap tiga bulan dan diharapkan tingkat kebugaran akan meningkat, produktifitas meningkat dan tidak mudah capek.

Prinsip pengukuran yang digunakan dalam tes ini adalah dengan menghitung waktu tempuh yang dibutuhkan masing-masing peserta untuk menempuh jarak 1,6 km. Dari angka tersebut kemudian dimasukkan ke dalam tabel berdasarkan jenis kelamin dan kelompok umur, yang akhirnya didapatkan kategori kurang, cukup, baik, atau baik sekali.

Pada kategori kurang, cukup dan baik masing-masing akan mendapatkan rekomendasi untuk melakukan olahraga sesuai dengan jenis olahraganya maupun lama waktu latihan.

 

Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *