DINKES DAN KB SAMPANG LAKUKAN RAPAT MONITORING DAN EVALUASI PENDATAAN KELUARGA (PK-21) BERSAMA KEPALA PERWAKILAN BKKBN PROVINSI JAWA TIMUR

Bertempat di Aula Mini Kantor Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kabupaten Sampang, pada Rabu, 9 Juni 2021 telah dilaksanakan Rapat Monitoring dan Evaluasi Pendataan Keluarga Tahun 2021 (PK-21) bersama Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur. Agenda yang dipimpin langsung oleh Bapak Agus Mulyadi, S.KM., M.Kes (Kepala Dinkes dan KB Kabupaten Sampang) tersebut dihadiri oleh Kepala Bidang Dalduk dan KB beserta staf, Manajer Pengelola, Manajer Data dan Supervisor PK-21 Kabupaten Sampang serta Tim Monev PK-21 Provinsi Jawa Timur.

Pendataan Keluarga merupakan kegiatan rutin Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang dilaksanakan setiap lima (5) tahun sekali untuk mendapatkan data keluarga Indonesia berupa profil pasangan usia subur, keluarga dengan balita, remaja dan atau lansia, keluarga berisiko stunting serta aspek kesejahteraan keluarga by name by address yang hingga saat ini belum tersedia secara lengkap di basis data manapun.

Proses pengumpulan data pada PK-21 dilakukan dengan dua metode, yaitu formulir (paper based) dan Aplikasi PK-21 (smartphone based) dengan tiga aspek muatan utama meliputi aspek Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga serta satu aspek tambahan untuk mengukur resiko potensi stunting pada balita.

Pelaksanaan PK-21 di Kabupaten Sampang melibatkan 1742 personil Tim Teknis PK-21 yang terdiri dari 14 Manajer Pengelola, 14 Manajer Data, 186 Supervisor, 78 Tim Entry dan 1454 Kader Pendata. Adapun sasaran kegiatan ini adalah 267.111 keluarga di seluruh wilayah Kabupaten Sampang. Hasil PK-21 nantinya akan digunakan sebagai data operasional atau peta kerja untuk intervensi program Bangga Kencana (Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana) serta program pembangunan lainnya sampai dengan tingkat lini lapangan.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Bapak Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd., dalam rapat tersebut menyampaikan apresiasi atas progres pendataan yang telah dicapai oleh Kabupaten Sampang hingga saat ini. Diharapkan capaian tersebut akan terus meningkat secara signifikan hingga akhir masa pendataan pada tanggal 21 Juni 2021 mendatang.

Sejalan dengan hal itu, Bapak Kadinkes dan KB berpesan kepada seluruh Tim Teknis PK-21 Kabupaten Sampang agar dapat mengoptimalkan kurun waktu yang ada untuk menguatkan koordinasi dengan pihak-pihak terkait dan melakukan berbagai langkah intervensi agar dapat dicapai hasil pendataan yang maksimal. Hal ini sangat diperlukan agar hasil pendataan yang terkumpul nantinya dapat benar-benar memotret secara riil kondisi keluarga di Kabupaten Sampang.