DINKES SAMPANG LAKUKAN ORIENTASI BAGI CALON PENDAMPING POSKESTREN DI KABUPATEN SAMPANG TAHUN 2020

Kamis 15 Oktober 2020 Dinkes Sampang melalui seksi Promosi Kesehatan (Promkes) melakukan orientasi bagi calon pendamping poskestren di Kabupaten Sampang. Bertempat di Aula Hotel Panglima Kabupaten Sampang,acara tersebut diikuti oleh calon pendamping Poskestren, pengurus pondok pesantren dan pelaksana Promkes Puskesmas se Kabupaten Sampang.Kegiatan ini dilakukan demi meningkatkan kualitas poskestren melalui kegiatan pendampingan.

Kegiatan ini dibuka oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sampang Agus Mulyadi, SKM, M.Kes yang dilanjutkan dengan pembacaan doa dari pengurus pondok pesantren Al-Asy’ari dan pemberian seragam pendamping ponpes dan tas secara simbolis. Pemaran materi tentang penyakit yang banyak terjadi di pondok pesantren dan cara pencegahannya oleh kabid P2M Ibu Maria Hanian Farouq, pemaparan materi selanjutnya tentang konsep dasar poskestren, Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di pondok pesantren selama masa pandemi dan Kebersihan lingkungan Pondok pesantren oleh kasi promkes dan UKBM, ibu Siti Hajar Dewantari, SE. setelah ishoma dilanjutkan materi tentang teknis pelaksanaan pendampingan poskestren meliputi telaah kemandirian poskestren, survei mawas diri (smd) yang terdiri dari 3 unsur ( smd fisik, smd perorangan dan survei perilaku hidup bersih dan sehat/PHBS), menentukan hasil telaah kemadirian dan SMD, melakukan musyawarah masyarakat pondok pesantren (MMPP) dan cara mengisi buku saku tugas pendamping poskestren oleh staf promkes Dinkes Sampang, Tsani Ida Rahmawati, SKM.

Adapun kegiatan pendampingan akan diadakan selama 3 bulan yaitu, Oktober, November dan Desember 2020, dimana setiap bulannya buku saku tugas pendamping disetor ke Dinkes Sampangn untuk dievaluasi serta akan diadakan rencana evaluasi pendampingan.