FSS Lakukan Silaturrahmi dan Pembahasan Terkait ODF Menuju Kabupaten Sehat 2021 dengan Dinas Kesehatan dan KB Kabupaten Sampang

Pada Senin tanggal 14 Juni 2021 telah dilaksanakan pertemuan dalam rangka silaturrahmi FSS (Forum Sampang Sehat) dengan Dinkes dan KB Kabupaten Sampang serta pembahasan terkait ODF menuju Kabupaten Sehat 2021. Pertemuan tersebut dipimpin langsung oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan dan KB Kabupaten Sampang Agus Mulyadi SKM,M.Kes. Dalam paparanya beliau menyampaikan bahwa ODF merupakan perilaku masyarakat untuk tidak buang air besar sembarangan sehingga capaian 100 % dan sektor terkait DPRKP dari sisi sarana dan prasarana. Beliau menambahkan bahwa adanya Komitmen yang terpenting dan penyuluhan serta pemicuan telah dilakukan 100 % di tingkat desa/ keluarahan, hanya saja perlu adanya informasi berantai dan pembuatan matrik Plan pada setiap kegiatan.
Paparan selanjutnya disampaikan oleh ketua FSS Farida. Dalam kesempatan tersebut Farida memaparkan bahwa inovasi pendekatan dalam pemerataan pemahaman masyarakat tentang ODF dan meningkatkan keterlibatan FSS di setiap kegiatan. Dalam sesi selanjutnya, yaitu sesi diskusi dan rencana kegiatan dimana Kepala Seksi Kesling Kesjaor Dinas Kesehatan dan KB Kabupaten Sampang Evie Sidharti,SKM.,M.Kes menyampaikan beberapa hal antara lain : Gebrakan dan gerakan yang telah dilakukan oleh Kabupaten Lain seperti Lumajang dengan menjadikan kontrak politik dengan camat , dengan target 100 % harus ODF di Kecamatannya serta keterlibatan masyarakat dengan adanya Jamban Kredit. Evie juga menambahkan bahwa ODF bukan hanya tanggung jawab orang Kesehatan saja akan tetapi OPD terkait dan masyarakat juga ikut terlibat.