Gandeng FKM Unair, Pemerintah Kabupaten Sampang Adakan Workshop Analisis Program dan Peningkatan Kapasitas OPD Dalam Pelaksanaan Konvergensi Intervensi Sensitif dan Spesifik Pencegahan Stunting di Kabupaten Sampang

Kamis 8 Oktober 2020, Pemerintah Kabupaten Sampang bersama dengan FKM Unair mengadakan kegiatan Workshop Analisis Program dan Peningkatan kapasitas OPD dalam Pelaksanaan Konvergensi Intervensi Sensitif dan Spesifik Pencegahan Stunting di Kabupaten Sampang. Kegiatan yang di buka oleh Sekretaris Daerah Kab. Sampang ini dilaksanakan di Aula Bapelitbangda Kabupaten Sampang. Dalam acara ini Bapenas, Bapelitbangda, Dinas Kesehatan dan FKM Unair melakukan pemaparan materi terkait stunting yang kemudian dilanjutkan dengan diskusi. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan kerjasama antara Pemkab Sampang dengan tim FKM Unair. Diharapkan dengan adanya adanya kegiatan ini, penyelenggaraan program pencegahan stunting dapat berjalan secara konvergen, potensi sumber daya dan sumber dana dapat dioptimalkan, peningkatan kapasitas pengelola program, ketersediaan data yang berkualitas serta pemanfaatannya.

Yang menjadi peserta dari kegiatan ini adalah OPD yang terkait dengan penurunan dan pencegahan stunting dan Dinkes Sampang adalah salah satunya. Kegiatan ini digunakan untuk meningkatkan peran kapasitas OPD dalam rangka menurunkan dan mencegah stunting, membantu pemerintah Kabupaten Sampang dalam hal penyusunan program strategis penurunan dan pencegahan stunting, serta menyelenggarakan intervensi spesifik dan senstif secara konvergen agar tepat sasaran. Tindak lanjut dari kegiatan ini adalah dilaksanakannya pendampingan, pelatihan dan monitoring pelaksanaan konvergensi stunting dari tingkat Kabupaten hingga Desa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *