“GERAKAN TEPUK TANGAN 56 DETIK” DI KABUPATEN SAMPANG SEBAGAI APRESIASI KEPADA TENAGA KESEHATAN PADA HARI KESEHATAN NASIONAL KE-56 TAHUN 2020

Di Indonesia, kasus Covid19 pertama kali diidentifikasi pada tanggal 2 Maret 2020. Sampai dengan 5 November 2020, ada sekitar 425 ribu orang terkonfirmasi positif corona dengan jumlah kematian sebanyak 14 ribu kasus dan dinyatakan sembuh sebanyak 357 ribu orang. Di Kabupaten Sampang sampai dengan September 2020 terdapat kasus konfirmasi kumulatif 239 kasus, attack rate 24,5 per 100.000 penduduk, kesembuhan kumulatif 211 kasus dan case recovery rate 88,3%. Karena angka kasusnya yang tinggi, disertai dengan penyebarannya yang cukup cepat ke semua penjuru negeri, tak sedikit masyarakat yang menjadi takut dan khawatir dengan penyakit COVID-19. Kekhawatiran dan kecemasan terhadap penyakit COVID-19 ini yang kemudian menimbulkan stigma sosial, baik terhadap orang, tempat, atau hal-hal lain. Salah satu stigma dan diskriminasi yang terjadi di Indonesia demikian pula di Kabupaten Sampang adalah terhadap tenaga kesehatan. Kondisi ini dapat mempengaruhi kesehatan mental petugas kesehatan yang saat ini berada di garda terdepan dalam melakukan pelayanan kepada pasien COVID-19Dukungan dari seluruh masyarakat Sampang akan menguatkan dan memotivasi tenaga kesehatan dalam menjalankan tugas, salah satu bentuk dukungan yang dapat diberikan berupa tepuk tangan yang meriah secara merentak disemua wilayah untuk para pahlawan kesehatan. Gerakan Tepuk Tangan 56 detik ini selain untuk apresiasi tenaga kesehatan juga untuk mengapresiasi seluruh unsur masyarakat termasuk yang telah melaksanakan protokol Kesehatan secara baik dan benar termasuk Pemerintah Pusat Dan Daerah, TNI, POLRI, Organisasi Kesmasyarakatan, Dunia Usaha, Perguruan Tinggi, Organisasi Profesi, Media Massa Dan terutama individu dan keluarga.

Sehubungan dengan hal tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Sampang melalui momen Hari Kesehatan Nasional ke-56 sekaligus peresmian Rumah Sakit Daerah Ketapang mengadakan “Gerakan Tepuk Tangan 56 Detik” Sebagai Apresiasi Kepada Tenaga Kesehatan. Kegiatan ini juga turut diikuti oleh puskesmas seKabupaten Sampang dan masyarakat umum.

Kegiatan diharapkan dapat dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Kabupaten Sampang yang akan dilakukan bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional ke-56 pada hari Kamis tanggal 12 November 2020 pada pukul 12.00 WIB. Kampanye dilanjutkan dengan mengupload atau mengunggah konten kreatif tersebut di media sosial. Konten tersebut bisa berupa foto atau video berisi tepuk tangan dan selembar kertas yang bertuliskan dukungan atau motivasi untuk mendukung tenaga kesehatan. Pembuatan video dapat dilakukan secara perorangan ataupun berkelompok atau gabungan video/gambar. Penayangan konten kreatif dapat menggunakan platform media sosial yang ada, yaitu Instagram, Youtube, Tiktok, Twitter, Facebook, dll. Pencantuman tagar/hashtag utama pesan kampanye yaitu #Gerakan56detik #HKN56, #Terimakasihnakes, #satukertascegahcovid19, #BersatuMelawanCovid19, #SehatNegeriku pada caption konten yang ditayangkan.