Integrasi Satu Data dan NIK untuk Tingkatkan Layanan Kesehatan

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sampang menyampaikan bahwa terintegrasinya data kependudukan seperti NIK ke dalam SIMPUS dan SIMRS sangat bermanfaat bagi peningkatan kecepatan pelayanan publik seperti pelayanan kesehatan di Puskesmas dan Rumah Sakit. Hal tersebut disampaikannya dalam rapat koordinasi Integrasi Satu Data dan NIK yang di Aula Mini Sekretariat Daerah Kabupaten Sampang Kamis siang (1 Oktober 2020).

Pada rapat koordinasi yang dihadiri oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi, Kepala Dinas Sosial, Kepala BPJS, dan Direktur RSUD Moh. Zyn ini mengungkap semua kendala dan hambatan yang dialami oleh masing-masing OPD dalam mengintegrasikan NIK ke dalam aplikasi sistem informasi yang mereka miliki.

Untuk mengintegrasikan NIK ke dalam aplikasi sistem informasi khususnya di SIMPUS (Sistem Informasi Manajemen Puskesmas) dan SIMRS (Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit) dibutuhkan proses panjang terkait ijin hak akses. Oleh karena itu dalam rapat tersebut disepakati akan dilakukan pertemuan teknis yang menundang masing-masing tim teknis dan pengembang aplikasi untuk merumuskan bersama variabel dan atribut yang akan diberikan hak akses oleh Kemendagri.

Harapan bersama dari terintegrasinya NIK ini dapat mempercepat pelayanan kesehatan di Puskesmas dan Rumah Sakit. Masyarakat cukup datang dan menunjukkan NIK maka semua data yang ada pada NIK bisa otomatis terekam tanpa inpt ulang satu per satu. Hal ini masih membutuhkan proses panjang dan paling penting adalah komitmen Dispendukcapil sebagai pemberi hak akses tersebut.

3 Replies to “Integrasi Satu Data dan NIK untuk Tingkatkan Layanan Kesehatan”

  1. Alhamdulillah….semoga lancar dan cepat terealisasi……aamiin.

  2. lain seperti Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan, BPJS Kesehatan, kepolisian, bahkan Kementerian Dalam Negeri untuk identitas pasien), integrasi teknologi (mengoptimalkan teknologi dalam konteks integrasi berbagai sistem informasi seperti SIM RS, SISRUTE, SIRANAP, SPGDT, Telemedicine).  

Comments are closed.