beritasemuaUncategorized

Lakukan MoU dengan Universitas Airlangga, Dinkes Kab. Sampang Ingin Selesaikan Masalah Stunting

Stunting atau kekerdilan hingga saat ini menjadi masalah prioritas untuk ditangani

Kabupaten Sampang. Berbagai program gizi sensitif dan gizi spesifik telah dilaksanakan oleh pemerintah daerah Kab. Sampang untuk mengatasi masalah stunting. Namun pelaksanaan program harus bersifat
konvergen, agar memberikan hasil yang optimal. Oleh karena itu diperlukan peran perguruan tinggi untuk mendampingi
pemerintah daerah dalam merencanakan dan mengimplementasikan programnya.

Pendampingan merupakan salah satu metode yang efektif untuk memfasilitasi dan penguatan kapasitas Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Kegiatan pendampingan akan dilakukan di Kabupaten Sampang karena kabupaten ini termasuk kabupaten prioritas penanganan stunting tahap 1 (TNP2K, 2017).

Dalam kegiatan ini direncanakan ada 8
program yang terdiri dari 4 Program untuk intervensi gizi sensitif dan 4 program untuk
intervensi gizi spesifik. Kegiatan pendampingan melibatkan para dosen sebagai Pendamping Program yang memiliki kompetensi sesuai bidang keilmuan, dan melibatkan mahasiswa S1 sampai S3 sebagai sarana untuk pembelajaran dan menghasilkan penelitian skripsi, thesis
maupun disertasi.

Untuk merealisasikan rencana tersebut, Sabtu, 2 Nopember 2019 telah dilakukan penandatanganan kesediaan dan komitmen pemerintah kabupaten Sampang untuk bekerjasama dengan Universitas Airlangga, khususnya Fakultas Kesehatan Masyarakat.
Penandatanganan MoU ini dilakukan di Airlangga Convention Center bersamaan dengan rangkaian kegiatan Dies Natalis Unair. Pada kegiatan ini Bupati Sampang diwakili oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan, Agus Mulyadi, S.KM., M.Kes.

Pada kesempatan tersebut Agus Mulyadi menyampaikan harapan Bupati Sampang terhadap keberhasilan kerjasama ini agar Sampang segera terbebas dari Stunting. Penanganan masalah stunting tidak bisa dilakukan oleh Dinas Kesehatan saja melainkan kolaborasi lintas sektor dan stakeholder di Kabupaten Sampang. (MMF)

Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *