PEMERIKSAAN FISIK DAN TES KEBUGARAN PEGAWAI DINAS KESEHATAN KABUPATEN SAMPANG TAHUN 2020

Bertempat di Lapangan GOR Indoor Kabupaten Sampang, tanggal 27 November 2020 telah diselenggarakan pemeriksaan fisik dan tes kebugaran pada pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Sampang dengan menggunakan Metode Rockport 1,6 km. Pemeriksaan ini dikoordinir oleh Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga bekerjasama dengan Seksi P2 PTM Dinas Kesehatan.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kab. Sampang, Agus Mulyadi, S.KM., M.Kes didampingi Sekretaris Dinas Kesehatan, Asrul Sani, S.KM., M.Kes. berkesempatan melepas rombongan peserta di garis start. Hadirnya pimpinan turut memberi semangat kepada para peserta.

Pemeriksaan dimulai dengan mengisi Par-Q test yang berisi 9 pertanyaan untuk mengetahui apakah peserta layak mengikuti tes kebugaran atau tidak. Sehari sebelumnya peserta telah melaksanakan pemeriksaan tekanan darah, nadi, berat badan dan deteksi dini Penyakit Tidak Menular (PTM).

Saat ini masih banyak pegawai yang  terlalu sibuk dengan tugasnya masing-masing dan tidak mengetahui manfaat meningkatkan aktivitas fisik maupun cara melakukan latihan fisik/olahraga yang bermanfaat bagi tubuhnya. Sementara itu Dinas Kesehatan Kab. Sampang sebagai pusat informasi kesehatan bagi pemerintah daerah dan masyarakat sudah mengembangkan upaya kesehatan olahraga untuk menurunkan angka kesakitan dan meningkatkan produktivitas pejabat maupun karyawan. Oleh karena itu dengan adanya pemeriksaan fisik dan tes kebugaran jasmani diharapkan para pegawai mengetahui tingkat kebugaran jasmani masing-masing dan meningkatkannya melalui kegiatan senam Jumat dan aktifitas fisik lainnya secara teratur. Dengan melaksanakan program latihan fisik sesuai kaidah kesehatan yaitu latihan fisik yang baik, benar, teratur dan terukur mampu peningkatan produktivitas kerja. (MMF)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *