Penyebab Demam Berdarah

Penyebab Demam Berdarah
Ada banyak faktor yang sering menjadi penyebab demam berdarah salah satunya adalah musim hujan terlalu lama. Musim hujan di Indonesia bisa berlangsung sangat lama, antara bulan Oktober sampai Februari. Kondisi ini bisa menjadi faktor penyebab demam berdarah.

Genangan air atau sisa-sisa arus banjir

menjadi sarana paling ideal bagi nyamuk untuk bertelur. Hal inilah yang menyebabkan nyamuk akan berkembang biak dengan cepat. Selain itu ada beberapa penyebab demam berdarah lainnya, di antaranya seperti
berikut:

Daya Tahan Tubuh Lemah

Salah satu penyebab demam berdarah yang paling umum terjadi adalah daya tahan tubuh lemah. Seseorang yang memiliki daya tahan tubuh lemah bisa meningkatkan risiko mengalami demam berdarah. Oleh karena itu, para ahli menyarankan untuk selalu menerapkan pola hidup sehat, seperti olahraga secara rutin dan mengonsumsi makanan yang kaya akan serat dan vitamin C.

Buang Sampah Sembarangan

Penyebab demam berdarah berikutnya yaitu kebiasaan membuang sampah sembarangan. Sampah yang dibuang sembarangan akan mudah terisi genangan air hujan dan dijadikan sarang nyamuk. Maka dari itu, sebaiknya selalu membuang sampah pada tempatnya. Tidak Pernah Menguras Bak Mandi

Jarang menguras bak mandi

juga bisa menjadi penyebab demam berdarah. Pasalnya, bak mandi yang tidak pernah dikuras akan menjadi sarang nyamuk penyebab demam berdarah. Biasanya, jentik nyamuk terlihat bintik-bintik cokelat yang menempel di pinggiran dasar bak mandi, sehingga nyamuk akan berkembang biak dengan cepat.

#waspadadbd
#sampang