PENYULUHAN KESEHATAN (DBD DAN COVID19) DENGAN MOBIL PROMKES SEKALIGUS BAGI-BAGI MASKER DAN ABATE

Dinkes Sampang melalui seksi Pomkes bekerjasama dengan Puskesmas Jrengik dan Aparatur Desa Bancelok, pada hari Senin tanggal 30 November 2020 melakukan penyuluhan kesehatan (DBD dan Covid-19) dengan mobil Promkes. Dalam penyuluhan ini sekaligus dilakukan bagi-bagi masker dan abate. Acara ini dilakukan di Desa Bancelok Kecamatan Jrengik Kabupaten Sampang. 

Sasaran utama kegiatan ini adalah masyarakat Bancelok yang melintas di depan posko KAMPUNG TANGGUH Desa Bancelok Kecamatan Jrengik Kabupaten Sampang. Maksdud diadakannnya acara ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Sampang dalam upaya mengendalikan dan mencegah penularan virus dengue (DBD) dan Covid-19 dengan cara 3M. Adapun 3M untuk mencegah DBD dan Covid-19 memiliki perbedaan. Untuk mencegah DBD, 3M yang dimaksud adalah Menguras dan menyikat tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air, memanfaatkan / mendaur ulang barang bekas. Sedangkan untuk mencegah Covid-19, 3M yang dimaksud adalah menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Dinkes Sampang bekerjasama dengan Puskesmas Jrengik mengadakan penyuluhan kesehatan DBD dan Covid-19 menggunakan mobil promkes sekaligus bagi-bagi masker dan abate kepada masyarakat bancelok yang melintas di depan posko kampung tangguh. Kegiatan ini ditempatkan di Bancelok karena merupakan kampung tangguh dan jumlah penderita DBD tergolong tinggi menurut data Puskesmas Jrengik Dinkes dan Puskesmas Jrengik juga berkoordinasi dengan Kepala Desa Bancelok sehingga terdapat beberapa aparatur desa yang turut serta membantu dalam kegiatan ini. Acara serupa semacam ini rencananya akan dilakukan ke beberapa Kecamatan di Kabupaten Sampang.

2 Replies to “PENYULUHAN KESEHATAN (DBD DAN COVID19) DENGAN MOBIL PROMKES SEKALIGUS BAGI-BAGI MASKER DAN ABATE”

Comments are closed.