Perangi Stunting, Dinkes Sampang Adakan Pelatihan Komunikasi Perubahan Perilaku

Senin 28 September 2020, Dinkes Sampang mengadakan pelatihan komunikasi perubahan perilaku yang diikuti oleh Tenaga Kesehatan, Kader dan Kepala Desa denga total peserta sebanyak 80 orang. Adapun acara ini dilaksanakan di Hotel Camplong Kabupaten Sampang. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan tenaga kesehatan, kader dan kades dalam berkomunikasi untuk mengubah perilaku masyarakat dalam rangka menurunkan Stunting.

Stunting sendiri adalah kondisi gagal pertumbuhan pada anak (pertumbuhan tubuh dan otak) akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Sehingga, anak lebih pendek atau perawakan pendek dari anak normal seusianya dan memiliki keterlambatan dalam berpikir. Perubahan perilaku menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam upaya pencegahan stunting. perilaku masyarakat yang bisa memicu terjadinya stunting misalnya perilaku yang kurang baik dalam pola hidup, pola makan, dan pola pengasuhan anak. Pemahaman akan kondisi lokal memang sangat penting sehingga pendekatannya lebih tepat sasaran. Itu sebabnya peningkatan kapasitas tenaga kesehatan, kepala desa dan kader menjadi penting. Tiga profesi ini biasanya cukup memahami masyarakatnya, dengan begitu diharapkan mereka mampu mempengaruhi dan berkomunikasi dalam upaya perubahan perilaku sehat yang diharapkan sebagai upaya penurunan angka Stunting.

Dengan diadakannya Pelatihan Komunikasi Perubahan Perilaku ini, diharapkan Peserta mampu merumuskan komunikasi yang tepat dalam mengubah perilaku masyarakat sebagai upaya penurunan Stunting di Kabupaten Sampang. Tidak hanya itu, membangun kepercayaan merupakan kunci keberhasilan program komunikasi perubahan perilaku. Tenaga kesehatan, Kepala desa dan kader seharusnya dapat menunjukkan contoh perilaku yang seharusnya bisa ditiru oleh masyarakat sehingga mudah terjalin kepercayaan dan komunikasi dalam perubahan perilakunya nanti. Komunikasi dalam upaya perubahan perilaku memang diperlukan, namun harus bersinergi dengan program lain juga. Misalnya tidak hanya soal pemenuhan gizi, tapi juga pemahaman, higienitas dan sanitasi.

One Reply to “Perangi Stunting, Dinkes Sampang Adakan Pelatihan Komunikasi Perubahan Perilaku”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *