agendaberitasemuaUncategorized

PERCEPAT ELIMINASI KUSTA, DINKES SAMPANG BERSAMA PUSKESMAS JRENGIK BUKA POSYANDU KONTAK KUSTA

Penyakit Kusta adalah penyakit kronis yang disebabkan oleh bakteri Mycrobacterium Leprae yang menyerang saraf tepi,kulit,mukosa mulut,saluran nafas bagian atas. Kusta memiliki tiga gambaran klinis khas yang disebut cardinal sign yaitu adanya lesi yang mati rasa, kerusakan saraf tepi dan adanya bakteri basil tahan asam. Penyakit Kusta merupakan penyakit menular yang menimbulkan masalah kompleks, tidak hanya dari segi medis tetapi juga masalah sosial dan ekonomi yang terjadi akibat stigma ( pandangan negatif )  masyarkat terhadap kecacatan penderita kusta. Stigma masyarakat timbul akibat kesalahan persepsi dan penegtahuan yang sempit mengenai kusta sehingga penderita kusta mengalami diskrimasi dalam masyarakat.

Penyakit Kusta merupakan salah satu masalah kesehatan di Indonesia, Provinsi Jawa Timur merupakan penyumbang kasus terbanyak, kemudian untuk tingkat Provinsi per tahun 2018 Kabupaten Sampang penyumbang terbanyak sebesar 13,3 %, Kabupaten Sumenep 12,5 %, Kabupaten Bangkalan 6,7 % dan Kabupaten Pamekasan 6,4 %.

Berbagai upaya sudah dilakukan Dinas Kesehatan beserta jejaringnya sesuai dengan Permenkes nomer 11 tahun 2019 tentang Penanggulangan Penyakit Kusta.  Salah satu upaya terobosan adalah kegiatan Posyandu Kontak Kusta yg diprakarsai oleh Puskesmas Jrengik. Kegiatan tersebut dilakukan secara integrasi program yang dilaksanakan di Desa Plakaran Kecamatan Jrengik. Pelaksnaannya berupa penyuluhan dan diskusi tentang Kusta, screening bercak,kemopropilaksis Rifampicin ( preventif ) dan skin smear. Acara tersebut dihadiri oleh Karyawan Puskesmas Jrengik ,Aparatur Desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan kontak penderita di desa tersebut. Posyandu Kontak Kusta yang dilaksanakan pertama kali di Kabupaten Sampang memberikan dampak positif dan kesepakatan untuk peduli dan menjadi bagian dalam pencarian, menemukan serta mengawal pengobatan kasus kusta sampai selesai dan tuntas. Diharapkan kegiatan tersebut menggerus stigma, akselerasi percepatan eliminasi kusta kabupaten, karena penyakit kusta bisa disembuhkan , menuju Kabupaten Sampang Hebat Bermartabat. ( Bidang P2P Dinkes Kab Sampang )

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *