beritaIlmusemuaUncategorized

Percepat Penanganan Stunting, Dinkes Sampang Bekali Tenaga Kesehatan dan Kader dengan Pelatihan Komunikasi Antar Pribadi (KAP).

KAP merupakan salah satu pendekatan yang digunakan untuk mengubah perilaku.  Strategi KPP dalam Percepatan Pencegahan Stunting menggunakan pendekatan tersebut untuk melakukan perubahan perilaku dengan harapan akan tercipta perubahan perilaku masyarakat ke arah yang lebih baik dan yang bermuara pada penurunan prevalensi stunting di setiap daerah dan di tingkat nasional secara umum.

Mata pelatihan inti 1 membahas Komunikasi Dialogis dan Komunikasi Antar Pribadi yang mencakup pengertian Komunikasi Dialogis, Komunikasi Antar Pribadi, contoh pelaksanaan KAP dalam sehari-hari, serta prinsip dasar KAP. Dengan adanya modul ini, petugas kesehatan dan kader masyarakat memiliki pemahaman tentang komunikasi antar pribadi antara lain, interaksi satu individu dengan satu individu di sebuah klinik atau di masyarakat, interaksi dalam kelompok yang kecil, penyuluhan, guru dengan murid, diskusi kelompok, pendidikan sebaya, komunikasi antara orang tua dengan anak atau suami dan istri.

Pelatihan ini diharapkan dapat digunakan sebagai acuan oleh pelatih dalam menyampaikan orientasi KAP bagi petugas kesehatan di Puskesmas yang selanjutnya akan melaksanakan orientasi KAP bagi kader kesehatan, sehingga akan memberikan kontribusi terhadap perubahan perilaku dalam percepatan pencegahan stunting di Indonesia.

Selama 2 hari ini, 6 – 7 Nopember 2019 Dinas Kesehatan Kabupaten Sampang telah menyelenggarakan pelatihan KAP di Hotel Camplong. Pelatihan ini diikuti oleh tenaga promosi kesehatan Puskesmas, bidan desa, dan kader terpilih di Kabupaten Sampang. Materi KAP ini diharapkan mampu menjadi bekal tenaga yang dilatih untuk meningkatkan kemampuan komunikasinya dalam menyampaikan program kesehatan ke msyarakat. Kemampuan komunikasi yang baik penting dimiliki oleh setiap tenaga kesehatan dan kader agar tujuan program kesehatan dapat ter-delivered dengan baik pula.

 

Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *