beritasemua

Perluasan Penerapan Standarisasi Produk IKM, Disperdagprin Gelar Bimtek Pengenalan Standarisasi

SAMPANG – DISKOMINFO

Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagprin) menggelar bimbingan teknis (Bimtek) Pengenalan Standarisasi produk Industri Kecil Menengah (IKM). Kegiatan yang di gelar rabu 11/7 di hotel Panglima itu di ikuti oleh 20 pelaku IKM yang ada di Kabupaten Sampang. Ke 20 pelaku IKM yang mengikuti Bimtek terdiri dari IKM Mamin, Kerajinan tangan, Menjahit dan Petis binaan Disperdagprin yang sudah di seleksi dan di fasilitasi standarisasi pendaftaran merek, sertifikat halal, uji nutrisi serta pemasaran produk.

Menurut Kepala Disperdagprin Kabupaten Sampang Wahyu Prihartono melalui Kabid Perdagangan Imam Rizali tujuan dari kegiatan itu untuk meningkatkan perlindungan keamanan dan kesehatan kepada pelaku IKM, Tenaga kerja maupun konsumen.

Selain itu juga untuk membantu kelancaran perdagangan, mewujudkan persaingan usaha yang sehat serta meningkatkan efisiensi maupun mempercepat inovasi perdagangan, “Tidak semua IKM yang ada bisa mendapatkan pembinaan, ada skala perioritas dan penilaian khusus terutama kelengkapan ijin usaha,” ujar Imam Rizali. Ia menegaskan maju tidaknya IKM bergantung pada usaha dan kreatifitas masing masing terutama dalam menjaga serta mempertahankan kualitas produk, sebab pada umumnya ketika produk tersebut sudah di kenal dan banyak di minati kualitasnya justru menurun

Imam Rizali mengajak pelaku IKM di Kabupaten Sampang yang ingin mengikuti Bimtek maupun Pembinaan agar mendaftarkan diri dengan membawa sampel produk. Setelah itu akan di lakukan analisa secara menyeluruh mulai bahan yang di gunakan hingga pengolahan guna menentukan pelatihan apa yang akan di berikan kepada IKM tersebut.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *