Rembuk STUNTING (Strategi Konvergensi Penanggulangan dan Pencegahan Stunting di Kabupaten Sampang)

Dinkes dan KB Kabupaten Sampang melalui seksi KGM pada Senin tanggal 12 April 2021 di Aula Hotel Bahagia Sampang melakukan Rembuk STUNTING (Strategi Konvergensi Penanggulangan dan Pencegahan Stunting di Kabupaten Sampang).

Rembuk Stunting merupakan langkah penting yang dilakukan pemerintah Kabupaten Sampang untuk memastikan pelaksanaan rencana kegiatan intervensi pencegahan dan penurunan stunting yang dilakukan secara bersama-sama antara OPD penanggung jawab layanan dengan sektor/lembaga non-pemerintah dan masyarakat. Dalam pertemuan ini dihadiri langsung oleh Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang, Tim Pokja Stunting beserta ormas meliputi; Kepala Dinkes dan KB Kabupaten Sampang, Kepala Bappelitbangda, Kantor Kecamatan Kedungdung, PC. Fatayat, Kepala Desa Bajrasokah, Kepala Puskesmas beserta staf bidan, programer Gizi. dll. Selain diisi sambutan dan arahan dari bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang, juga ada pemaparan materi Sebaran Prevalensi Stunting, Kesenjangan layanan dan penetapan lokasi desa prioritas penurunan stunting tahun 2021 oleh Kepala Dinas Kesehatan dan KB Kabupaten Sampang, serta Sumber-sumber pendanaan & Rencana program / kegiatan penurunan Stunting di desa lokasi prioritas tahun 2021 oleh Kepala Bappelitbangda Kabupaten Sampang, dilanjutkan dengan sesi diskusi dan pendeklarasian komitmen. Tujuan diadakannya pertemuan ini yaitu Menyampaikan hasil analisis situasi dan Mendeklarasikan komitmen pemerintah daerah serta menyepakati rencana kegiatan Strategi Konvergensi Penanggulangan dan Pencegahan Stunting.

Rangkuman hasil Rembuk Stunting yang disepakati antara lain : Menyepakati sasaran dari desa dan desa prioritas, Menyepakati rumusan kegiatan dijadikan sebagai bahan penyusunan rancangan akhir RKPD Kabupaten Sampang Tahun 2022, Menyepakati bahwa pemerintah Desa lokasi prioritas akan meningkatkan alokasi kebutuhan pendanaan program dan kegiatan terkait dengan percepatan penurunan stunting dalam rancangan APBDes Tahun 2022.

Rencana Tindak Lanjut yang dilakukan setelah pertemuan ini yaitu hasil kesepakatan rembuk stunting yang telah disepakati bersama untuk dilaksanakan pada tahun berjalan dan untuk dimuat dalam RKPD atau APBDes tahun berikutnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *