beritasemua

Siswa Pramuka Bantu Dinkes Bagi Abate Kepada Warga, Mencegah Merebaknya Wabah DBD

SAMPANG

Mewabahnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) memantik kepedulian Siswa Pramuka di Kabupaten Sampang dengan membagikan serbuk Abate kepada warga masyarakat. Dengan mengenakan seragam Pramuka Abd Karim siswa kelas II MAN I Sampang dan Ira Rana siswi kelas I SMAN II Sampang mendatangi rumah warga di jalan Semeru Kelurahan Rongtengah minggu siang 27/1.

Sambil membagi dua plastik kecil Abate, Abd Karim dan Ira Rana menjelaskan fungsi serta cara pemakaian Abate. Bahkan dengan penuh semangat kedua siswa siswi itu meminta ijin kepada pemilik rumah untuk mempraktekkannya langsung di kamar mandi. Ira Rana menceritakan, bersama siswa siswi yang lain saat ini sedang membantu Dinas Kesehatan untuk membagi Abate kepada warga masyarakat, “Kami berbagi tugas, kebetulan tugas kami saat ini membagi kepada warga jalan Semeru Kelurahan Rongtengah,”ujarnya.

Demikian juga yang di sampaikan oleh Abd Karim minggu 27/1, dalam kurun waktu dua minggu Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Kemuning dan Puskesmas Banyuanyar menggandeng siswa Pramuka untuk membagikan Abate kepada warga masyarakat, “Kami lakukan tiap hari minggu, sehingga tidak mengganggu jadwal sekolah,”ucap Abd Karim.

Sementara Yusdiana 36 salah satu warga yang di datangi oleh Ira Rana dan Abd Karim mengaku senang menerima bantuan serbuk Abate, “Alhamdulillah dapat bantuan Abate dari Pemerintah,”tuturnya. Ia kawatir dengan penyakit DBD yang sudah mulai mewabah. Saat di tanya apa saja yang di sampaikan oleh relawan pembagi Abate, Ia menjelaskan selain membagi Abete juga menekankan agar mengikuti himbauan Pemerintah tentang 3M plus (Menutup, Menguras, Membakar) dan menabur serbuk Abate.

Berdasarkan data yang di peroleh, di Kabupaten Sampang dalam bulan Januari ini sudah ada 72 kasus DBD dan 2 orang meninggal dunia. Dari 72 kasus itu di Puskesmas Banyuanyar terdapat 7 kasus dan di Puskesmas Kemuning 4 kasus DBD.

Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *