agendaberitasemuaUncategorized

Tingkatkan Kinerja Puskesmas, Dinkes Sampang Lakukan PKP Secara Terpadu

Puskesmas merupakan sebuah organisasi pelayanan kesehatan dengan lingkungan yang sangat dinamis. Puskesmas saat ini dituntut untuk terus memiliki kinerja yang baik dan memuaskan masyarakat. Oleh karena itu kinerja Puskesmas harus secara rutin dinilai oleh Dinas Kesehatan. Untuk mengukur kinerja Puskesmas, Dinas Kesehatan memiliki alat ukur yaitu instrument PKP (Penilaian Kinerja Puskesmas) yang berisi serangkaian indikator kinerja dan indikator mutu pelayanan kesehatan. Instrumen ini penting agar penilaian kinerja yang dilakukan lebih obyektif dan terukur.
Pada tanggal 13 Januari 2020 Dinas Kesehatan Kabupaten Sampang melakukan persiapan penilaian dengan membentuk tim penilai yang terdiri dari Kepala Bidang dan Kepala Seksi lintas program. Proses penilaian kinerja Puskesmas dilaksanakan mulai tanggal 27 Januari hingga 6 Februari 2020. Setiap tim penilai mengunjungi Puskesmas sesuai jadwal dan tanggung jawabnya. Puskesmas yang dinilai wajib mempresentasikan pencapaian kinerjanya selama tahun 2019 sesuai indikator kinerja yang ada pada instrument PKP. Tim penilai akan memverifikasi hasil pencapaian kinerja puskesmas ke masing-masing program dan unit pelayanan di Puskesmas serta mendengarkan langsung harapan dan kebutuhan setiap lini di Puskesmas. Indikator kinerja puskesmas yang diukur pada PKP ini meliputi area administrasi dan manajemen, UKM (Upaya Kesehatan Masyarakat) Esensial, UKM Pengembangan, UKP (Upaya Kesehatan Perorangan), dan Mutu.
Setelah melalui proses penilaian kinerja puskesmas secara marathon, Dinas Kesehatan Kabupaten Sampang akan merekap nilai dan memberi peringkat kinerja Puskesmas se-Kabupaten Sampang. Hasil penilaian kinerja puskesmas rencananya akan disampaikan pada 12 Februari 2020. Dari hasil tersebut akan diketahui Puskesmas mana yang memiliki kinerja terbaik dan Puskesmas mana yang harus ditingkatkan lagi kinerjanya. Hasil penilaian kinerja ini juga akan digunakan sebagai dasar perencanaan pembangunan kesehatan tahun 2021.
Plt. Kepala Dinas Kesehatan, Agus Mulyadi, S.KM., M.Kes. menekankan bahwa penilaian kinerja puskesmas (PKP) ini hendaknya dilakukan rutin setiap semester agar dapat diketahui kinerja Puskesmas pada tengah tahun dan dapat segera diperbaiki di semester berikutnya sehingga peningkatan kinerjanya dapat diketahui pada tahun yang sama. (MMF).

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *