Tingkatkan Peran Poskestren Sebagai Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat, Dinkes Sampang Lakukan Evaluasi Poskestren

Pos kesehatan pesantren(Poskestren) merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) di  lingkungan pondok pesantren, dengan prinsip dari, oleh, dan untuk warga pondok pesantren, yang mengutamakan pelayanan promotif, preventif, tanpa mengabaikan aspek kuratif dan rehabilitative yang dilaksanakan di bawah binaan Puskesmas setempat. Lokasi Poskestren berada dalam  lingkungan pesantren dan tidak memerlukan bangunan tertentu namun  sebaiknya memiliki ruangan  khusus dan dapat memanfaatkan ruangan serba guna.

Untuk memaksimalkan peran Poskestren tersebut di atas, maka pada hari Kamis 8 Oktober 2020 Dinkes Sampang melalui Seksi Promosi Kesehatan melakukan evaluasi Poskestren bertempat di Aula Dinkes Sampang. Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah para  pembina promkes dari Puskesmas serta pendamping Posketren yang terdiri dari beberapa unsur, salah satunya Organisasi Masyarakat. Dalam acara ini dilakukan review pelaksanaan pendampingan posketren serta advokasi pada para pendamping poskestren tersebut dalam memecahkan masalah yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *