beritasemuaUncategorized

VERIFIKASI LAPANGAN KABUPATEN SEHAT TINGKAT NASIONAL TAHUN 2019 : PARTISIPASI MASYARAKAT DAN PERILAKU SEHAT ADALAH KUNCI MENUJU SAMPANG SEHAT

Tim penilai dari Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI melakukan kunjungan ke Kabupaten Sampang dalam rangka verifikasi lapangan penyelenggaraan Kabupaten Sehat Tahun 2019, Senin (10 September 2019). Tim penilai tersebut didampingi oleh tim dari Dinas Kesehatan dan Dinas PUPR Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Sampang merupakan salah satu nominator Kabupaten Sehat Tingkat Nasional Tahun 2019 ini. Tujuan kedatangan tim penilai adalah mencocokkan kondisi di lapangan dengan apa yang telah dilaporkan oleh Forum Sampang Sehat.

Tim penilai dibagi menjadi 2 (dua) tim dalam melakukan verifikasi lapangan ini. Tim pertama yang dipimpin oleh Ika Purnama Hutagalung perwakilan Kementerian Dalam Negeri melakukan kunjungan ke Kampung PHBS dan Taman Posyandu Desa Napo Laok Kecamatan Omben, Rumah Perlindungan Sosial (RPS) di Jl. Mutiara Kelurahan Banyuanyar Kecamatan Sampang, PIKR SMA Negeri 3 Sampang, dan LKSA Al-Furqon di Jl. Kenari. Sedangkan tim kedua yang dipimpin oleh Nevy Rinda Nugraini, S.Si., M.Si., Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI (KLHK) melakukan kunjungan ke Kampung Berseri dan TPST di Kelurahan Banyuanyar Kecamatan Sampang, Pasar Rakyat Rong Tengah, Sekolah Adiwiyata SMP Negeri 1 Sampang, Kampung Berseri Perumahan Barisan Indah, Rumah Pangan Lestari di Puri Matahari Kelurahan Karang Dalem, dan Lumbung Pangan Tani Muda Kelurahan Karang Dalem. Pelaksanaan verifikasi lapangan tersebut juga didampingi oleh tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sampang, Bappelitbangda, dan Satpol PP Kab. Sampang.

Setelah melakukan semua proses verifikasi lapangan, semua tim berkumpul kembali di Aula Bappelitbangda untuk melakukan evaluasi. Pada sesi evaluasi tersebut tim penilai berpesan bahwa pentingnya dokumentasi yang terstruktur sebagai bukti telusur. Mereka juga menekankan bahwa semua kegiatan ini merupakan upaya memotivasi pemerintah daerah dan masyarakat melalui pemberian penghargaan swastisaba (padapa, wiwerda, dan wistara) kepada pemerintah daerah yang dinilai berhasil menyelenggarakan kabupaten sehat secara rutin setiap tahun.

Bertempat di Aula Bappelitbangda, perwakilan Bappelitbangda Kab. Sampang menyampaikan bahwa Pemerintah Kabuaten Sampang beserta seluruh masyarakat telah berkomitmen penuh menyelenggarakan Kabupaten Sehat dengan sebaik-baiknya dalam rangka mewujudkan kabupaten yang bersih, sehat, aman, dan nyaman. Pengembangan Kabupaten Sehat di Kabupaten Sampang telah menjadi bagian dari dinamika serta semangat warga dan pemerintah daerah untuk secara terus menerus menciptakan dan meningkatkan kualitas kesehatan lingkungan. Partisipasi masyarakat dan perubahan perilaku menjadi lebih sehat adalah kunci keberhasilan menuju Kabupaten Sehat.

 

WhatsApp Image 2019-09-11 at 08.54.33
WhatsApp Image 2019-09-11 at 08.55.12
Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *