Verifikasi ODF Kabupaten Sampang

Senin tanggal 24 Mei 2021 Dinas Kesehatan dan KB Kabupaten Sampang melalui Seksi Kesling Kesjaor telah melaksanakan kegiatan verifikasi ODF (Open Defecation Free) Kabupaten.  Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang Yuliadi Setiyawan ini di laksanakan selama 2 hari, yaitu 1 hari di dalam ruangan ( Aula Bapelitbangda ) dan 1 hari di lapangan. Adapun yang menjadi paserta pada kegiatan ini antara lain adalah 14 Kecamatan sekabupaten Sampang, 21 Kepala Puskesmas, FSS, Lintas Sektor, dan tim verifikasi.

Tim verifikasi terdiri dari Dinkes Provinsi Jawa Timur , UNICEF, Tim STBM Provinsi Jawa Timur, NGO, Pokja Sanitasi, Appsani , Perwakilan Kabupaten Perbatasan, Forum Pembina Kabupaten Sehat, Bappeda Provinsi Jawa Timur.

Acara pertama pada kegiatan ini adalah menyanyikan lagu Indonesia Raya & Mars Sampang dan dilanjutkan dengan Sambutan & Arahan sekaligus pembukaan acara yang disampaikan oleh Bapak Yuliadi Setiyawan selaku Sekda Kabupaten Sampang. Sambutan dari Ketua Tim Verifikasi ODF disampaikan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Ibu Herlin, yang dilanjut Pemaparan Strategi Kabupaten Sampang Menuju ODF oleh Kepala Dinas Kesehatan dan KB Kabupaten Sampang Agus mulyadi SKM. M. Kes dan Pemilihan sampel verifikasi Kecamatan dan Desa/Kel Oleh Tim Verifikasi Provinsi Jawa Timur.

Adapun Daerah yang terpilih sebagai tempat verifikasi lapangan antara lain : Kecamatan Jrengik, Kecamatan Karang Penang, Kecamatan Kedungdung, Kecamatan Camplong dan Kecamatan Sreseh dengan jumlah sampling Kabupaten sebanyak 375 KK. Pelaksanaan verifikasi Lapangan Kabupaten ODF, sebagai uji petik dilapangan 0 % perilaku masyarakat Kabupaten Sampang Buang Air Besar tidak di sembarang tempat / di tempat terbuka atau ODF Kabupaten Sampang mencapai 100%. Persiapan verifikasi lapangan untuk 5 Kecamatan ( 15 lokus) Sidang Pleno dilaksanakan di Aula Bapelitbangda Kabupaten Sampang.

Pemaparan Hasil Analisa Data Sanitasi Kab Sampang oleh Kadinkes Provinsi Jawa Timur, Pemaparan Hasil Verifikasi Lapangan oleh ika buditiawan, Penandatanganan Berita Acara Verifikasi ODF oleh Tim Verikasi Provinsi Jawa Timur dan Penyerahan Sertifikat ODF dari Dinkes Provinsi Jawa Timur ke Kabupaten Sampang, dalam paparan Kadinkes Provinsi Jawa Timur menyampaikan dengan lulusnya Kabupaten Sampang sebagai Kabupaten ODF, hal ini harus direspon positif agar target menjadi Kabupaten Sehat semakin Nyata. Sekda Kabupaten Sampang Yuliadi Setiyawan menyampaikan prestasi yang diberikan pemerintah Provinsi Jawa Timur merupakan kerja keras semua pihak, mulai dari masyarakat, pemerintah desa hingga tim dari kabupaten, capaian tersebut menunjukkan bahwa masyarakat dengan pemerintah bersinergi dan tidak mudah mendapatkan predikat Kabupaten ODF apalagi tingkat kemiskinan di Sampang terendah di Jawa Timur. Namun Pemerintah Kabupaten Sampang berkomitmen meraih predikat tersebut, ODF tidak mudah tapi bukan tidak bisa, begitu pula dengan Kabupaten Sehat. Pihaknya bangga dengan capaian kabupaten bebas dari perilaku masyarakat buang air besar sembarangan (BABS). Hal itu harus menjadi pemicu semangat OPD hingga lapisan pemerintah paling bawah untuk meningkatkan kinerja dan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan semua Stakeholder yang bekerja keras untuk meraih prestasi menuju Sampang menjadi Kabupaten ODF ke 18 se Jawa Timur.